-->

8. Panambang –ane


kata dasar yang berakhiran vocal diberi panambang –ane, panambang –ane menjadi –nane, tetapi kalau kata dasar berakhiran konsonan diberi panambang –ane , maka panambang –ane tetap.

Contoh :

Sapu + -ane sapuane saponane (‘hasil menyapu’)

Tamba + -ane tambaane tambanane ( ‘hasil mengobati’)

Tali + -ane taliane talenane (‘hasil mengikat’)

Tandur+ -ane tandurane (‘hasil menanam’)

Resik + -ane resikane (‘hasil membersihkan’)

Jewer + -ane jewerane (‘hasil menjewer’)

Kata dasar yang diberi panambang –ane, menjadi kata benda dan mempunyai maksud ‘melakukan atau menggunakan’.

Contoh :

Lirikane ( dalam ‘melirik’ lirik )

Sundhulane ( dalam ‘menyundul’ sundulan )

Jiwitan ( dalam ‘mencubit’ jiwit)


Panambang selengkapnya:

1. Panambang  -i klik Disini
2. Panambang -a klik Disini
3. Panambang -e klik Disini
4. Panambang -en klik Disini
5. Panambang -an klik Disini
6. Panambang -na klik Disini
7. Panambang -ana klik Disini
8. Panambang -ane klik Disini
9. Panambang -ake klik Disini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8. Panambang –ane "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel